Minggu, 20 Mei 2012

Pengantar
Data Base Management System
MySQL

DBMS merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien.

Database Language :

1.
Data Definition Language (DDL), kelompok perintah untuk mendefinisikan atribut-atribut basis data, Contohnya create, alter, drop..
2.
Data Manipulation Language (DML), kelompok perintah untuk memanipulasi data dalam basis data, contohnya select, insert, delete, dan update.
3.
SQL (Structured Query Language), SQL adalah bahasa yang digunakan untuk pengaksesan database. Menurut ANSI (American National Standards Institute), bahasa ini merupakan standar untuk Relational Database Management Systems (RDBMS).

DBMS memiliki kenggulan yaitu lebih praktis, lebih cepat, menghindari kejemuan, dan lebih akurat dan mutakhir..
MYSQL
MySQL dikembangkan oleh sebuah perusahaan Swedia bernama MySQL AB, yang kala itu bernama TcX DataKonsult AB, sejak sekitar 1994–1995.

MySQL adalah sebuah system manajemen database yang saling berhubungan. Sebuah  hubungan databse dari data yang tersimpan pada table yang terpisah daripada menyimpan semua data pada ruang yang sangat besar. Hal ini menambah kecepatan dan fleksibilitas. 
Type Data Dalam MySQL
 
Perintah dasar dalam MySQL :
Perintah perintah  SQL dalam database MySQL, yaitu
a. Memasukkan atau menambah record baru ke dalam database.
b. Mengeksekusi query database
c. Mengambil data dari database
d. Mengubah record pada database
e. Menghapus record pada database
Perintah SQL dapat diketik dengan huruf besar atau kecil (non case sensitive). Setelah selesai mengetik perintah di MySQL harus diakhiri dengan tanda titik koma sebagai penanda akhir dari perintah MySQL. Perintah SQL dapat diketik dengan huruf besar atau kecil (non case sensitive).
 
Alter: Mengubah struktur tabel
Create: Menciptakan database atau tabel
Delete : Menghapus baris pada tabel
Drop : Menghapus tabel
Insert : Menambahkan baris pada tabel
Select : Memilih baris dan kolom pada tabel
Update : Mengubah nilai pada sebuah baris
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar